Zakat, Infaq Dan Shodaqoh

,

Samprazaan Sampurasun

Puji serta syukur hanya milik-Nya semata, pencipta alam semesta

Sholawat serta salam senantiasa ku hadiahkan untuk suri tauladan ummat Muhammad SAW.

Zakat, Infaq Dan Shodaqoh

Zakat adalah salah satu rukun islam yg ke empat setelah puasa.

Zakat merupakan bukti bahwa islam respek terhadap kehidupan orang disekitarnya (Hablum Minannas). Dengan pengelolaan yang baik dan benar akan membuat masyarakat kita menjadi seimbang. Klo masyarakat sudah seimbang maka akan meminimalisir anak terlantar, peminta- minta yang selama ini menghiasi jalanan.

Kata – kata Zakat dan Sholat sering disinggung pada satu rangkaian ayat di dalam Al Quran. Hal ini menunjukkan bahwa pembinaan dengan Allah SWT (Sholat) harus berjalan seiring dengan pembinaan hubungan dengan sesama manusia (Zakat).

Pada hakikatnya Zakat, Infaq dan shadaqoh adalah pungutan harta yang diambil dari orang – orang yang berkecukupan untuk dibagikan kepada yg berkekurangan diantara mereka, sesuai dengan ketentuan islam.

Zakat berasal dari kata ‘Zaka’ yg artinya tumbuh dan berkembang. Maksudnya adalah zakat yang diberikan akan tumbuh dan berkembang sehingga orang yang menerimanya bisa memanfaatkannya utk jangka waktu yang lama. Artinya adalah makna tumbuh bisa menghidupi kebutuhannya dalam kehidupan sehari – hari atau bisa disebut dengan zakat produktif.

Begitupun orang yang mengeluarkan zakat (Muzaki) hartanya bukannya habis justru bertambah.

Zakat juga mempunya makna……

Bersambung ..
.:(Sayyidinaa Ali Srg):.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *