Menjadi NGO terbaik dalam pemandirian masyarakat melalui program tepat strategi – tepat sasaran dengan pengelolaan yang amanah, transparan, profesional, dan akuntabel

Merupakan visi yang Yayasan Ummara usung dalam setiap proses menjalankan tiga program utama Ummara yaitu Ummat Produktif, Ummat Sehat, dan Ummat Lestari. Kami percaya bahwa kemandirian masyarakat dapat dibangun oleh masyarakat itu sendiri melalui strategi pembangunan komunitas. Jadilah bagian dari komunitas ummara yang saling membantu, bersinergi, mewujudkan kemakmuran bersama.

Ummat Produktif

Adalah program pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan memberikan insentif baik berupa permodalan maupun bantuan teknis pembinaan yang ditujukan agar penerima bantuan dapat berakselerasi menjadi pelaku ekonomi produktif yang mapan sehingga dapat berkontribusi aktif bagi komunitasnya.

Ummat Sehat

Program utama ummat sehat adalah program peningkatan derajat kesehatan masyarakat dengan memberikan kemampuan pada masyarakat untuk dapat menjaga secara aktif kesehatan komunitasnya melalui latihan pernafasan. Dengan rangkaan latihan, masyarakat akan mampu  melakukan terapi pengobatan sehingga dapat berkontribusi dalam memperkuat kesehatan komunitas.

Pendirian rangkaian klinik terapi yang dilengkapi dengan terapis mobile merupakan bagian lain dari program ummat sehat. Dengan memberikan contoh nyata bahwa masyarakat dapat menjaga kesehatannya secara mandiri diharapkan program ummat sehat dapat menginspirasi masyarakat untuk mengambil peran aktif menyehatkan Indonesia.

Ummat Lestari

Ummat lestari adalah program Yayasan ummara untuk turut menjaga keseimbangan alam dan melestarikan lingkungan. Strategi yang dilakukan dengan mengedukasi masyarakat mengenai tata kelola pertanian yang lestari dan usaha penghijauan. Program unggulan dalam ranah ini adalah pelatihan pupuk hayati berbasis bakteri dan aplikasinya pada lahan produksi, memastikan lahan tetap lestari untuk diwariskan pada generasi berikutnya.

 Ummat Cerdas

Ummat cerdas merupakan usaha yang didedikasikan untuk mencerdaskan masyarakat baik melalui pendidikan formal maupun non formal termasuk didalamnya membentuk lingkaran – lingkaran pembelajar aktif yang mendorong terjadinya interaksi positif antar anggota lingkaran.